6 Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Bagi pesepakbola menguasai teknik dasar bermain bola adalah sesuatu yang sangat penting, hal ini untuk meningkatkan karir dan skill kedepannya.

Berbagai macam teknik dasar bermain bola berikut harus dikuasai agar dapat menghasilkan teknik bermain bola profesional diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teknik Mengoper Bola

Seperti yang kita ketahui dalam permainan sepak bola, passing atau yang lebih dikenal dengan mengoper bola merupakan salah satu teknik wajib yang diharuskan dipahami oleh seoarang pemain. Mengoper bola merupakan pemindahan bola dari seorang pemain kepada pemain lainnya yang bisa menggunakan kaki, atau bagian tubuh lainnya seperti kepala.

Dalam melakukan pengoperan bola menggunakan kaki ada beberapa macam teknik yang bisa digunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut dirangkum dari situs judi bola:

A. Mengoper Dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Teknik pertama adalah mengoper dengan menggunakan kaki bagian dalam, biasanya hal ini diterapkan oleh seoarang pemain ketika memberikan umpan lain kepada pemain lainnya dengan jarak dekat, hal ini dilakukan karena teknik ini sangat mudah dilakukan, serta kecepatan bola yang dikirimkan kepada pemain lainnya sangat mudah diatur, sehingga lebih tepat sasaran.

B. Mengoper Dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

Mengoper bola dengan menggunakan sisi bagian luar kaki merupakan salah satu teknik operan bola dengan menggunakan kaki bagian luar dengan menuju sasaran yang berada diluar kaki pula. Hal ini penting untuk dilakukan agar kaki dapat bekerja dengan maksimal.

C. Mengoper Bola Dengan Menggunakan Punggung Kaki

Mengoper bola dengan menggunakan punggung kaki merupakan salah satu teknik mengoper bola untuk menuju pemain lain yang sangat jauh, tujuan menggunakan punggung kaki adalah untuk menghasilkan tendangan bola yang kuat yang bisa menghantarkan bola pada pemain lain yang jauh.

2. Teknik Mengontrol Bola Atau Menghentikan Bola

Dalam mengontrol bola, adalah tahapan dalam menghentikan ataupun menahan bola agar tidak bergerak, bisa dalam tempo perlahan, stop dan sebagainya. Cara yang digunakan untuk mengontrol bola adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol bola dengan telapak kaki
  2. Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
  3. Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
  4. Mengontrol bola dengan punggung kaki
  5. Mengontrol bola dengan dada
  6. Mengontrol bola dengan kepala
  7. Mengontrol bola dengan paha

3. Teknik Dasar Menggiring Bola

Teknik dasar dalam menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki adalah sebagai berikut:

  • Pertama berdiri kedepan dengan pandangan yang mengarah kedepan, ini adalah sebagai awalan
  • Renggangkan kedua tangan ke arah samping
  • Putar dan kunci pergelangan kaki kearah bawah
  • Selanjut dorang bola dengan menggunakan punggung kaki kedepan
  • Gunakan salah satu kaki yang tidak digunakan untuk menggiring

4. Teknik Dasar Menembak Bola

Salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai dengan benar merupakan teknik shooting sepak bola, salah satu yang paling penting adalah pemain dapat menmbakkan bola dengan tepat.
Yang perlu dipahami dalam teknik menembak beberapa diantaranya adalah menembak dengan menggunakan kaki sisi luar, menembak dengan menggunakan kaki dalam. Menembak dengan menggunakan ujung kaki, dan menembak dengan menggunakan punggung kaki.

5. Teknik Dasar Menyundul Bola

Teknik dasar dalam menyundul bola pada permainan bola adalah sebagai berikut:

  • Jemput dahulu arah datang bola, fokuskan mata ke arah bola.
  • Lalu lompat menyesuaikan tinggi arah bola tersebut datang.
  • Keraskan dan kuatkan otot di bagian leher, untuk power sundulan.
  • Saat menyundul, gunakan dahi anda atau kepala bagian depan.

6. Teknik Dasar Menjaga Gawang

Berikut ini adalah sejumlah teknik menjaga gawang yang menjadi menu latihan utama bagi kiper yaitu

  • Teknik menepis bola, baik dari tendangan jarak jauh maupun jarak dekat hingga sundulan dengan arah yang tak terduga. Menepis bola penting bagi seorang kiper dengan mengarahkan bola ke area yang tidak membahayakan timnya sendiri seperti menepis bola kerarah depan yang rawan direbut penyerang lawan. Menepis bola juga dapat meningkatkan reflek kiper dalam menghalau bola.
  • Teknik duel diudara untuk meninju bola keluar, menangkap bola dari situasi kemelut didepan gawang.
  • Teknik memotong umpan silang yang dapat mengamankan area pertahanan dari ancaman serangan lawan.
  • Teknik menghalau penalti atau tendangan bebas langsung di dekat kotak penalti. Situasi bola mati merupakan momen yang paling krusial sekaligus menakutkan bagi semua kiper mengingat dialah yang paling bertanggung jawab atas sukses ataupun gagalnya sebuah tim, dimana skenario bola mati bisa menguntungkan tim lawan.
  • Teknik berduel satu lawan satu saat menghadapi penyerang lawan yang hendak mencetak gol. Kiper dapat melatih cara membaca kecenderungan arah yang diambil untuk menembakkan bola ke gawang atau untuk melewati kiper.
  • Teknik berperan ganda, sebagai kiper sekaligus menjadi sweeper yang bertugas tidak hanya berdiam diri di area kotak penalti namun harus membantu membangun serangan jika diperlukan. Kiper dengan peran ganda ini jadi semacam tren baru di era sepakbola modern saat ini.